Rabu, 19 Mei 2010

Proses Internalisasi Budaya Perusahaan pada Karyawan PT. Semen Gresik (persero) Tbk. di Gedung Utama.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran tentang kondisi budaya perusahaan yang saat ini sedang terjadi di PT. Semen Gresik (persero). Budaya perusahaan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah Merupakan suatu sistem nilai yang dipegang dan dilakukan oleh anggota organisasi, yang dimanifestasikan dalam setiap pengaturan material dan perilaku dari setiap anggota organisasi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mendasarkan pada proses konstruktivis. Tipe penelitian yang digunakan adalah etnografis. Metode yang digunakan dalam pengambilan data menggunakan wawancara tak terstruktur, observasi partisipatif dan penggunaan data sekunder berupa data tertulis yang ada di PT Semen Gresik (persero). Hasil analisis dari masing-masing metode dikomparasikan dan diinterpretatif menjadi satu kesatuan pemahaman tentang internalisasi budaya perusahaan yang saat ini sedang berlangsung di PT. Semen gresik.

Hasil analisis menunjukkan bahwa saat ini di PT. Semen Gresik sadang terjadi pergeseran budaya, dimana pergeseran tersebut dapat dimetaforakan dengan istilah “ndlede’ “ (bahasa jawa), dimana memiliki pemahaman penyebaran yang tak berpola, bahwa kondisi pergeseran budaya yang terjadi saat ini lebih didasari karena unconditional situation. Hal tersebut dikarenakan dalam proses internalisasi budaya perusahaan tidak terdapat satu sistem formal yang mengendalikan serta mengarahkan terbentuknya budaya perusahaan yang diinginkan.

Rancangan intervensi yang dibangun untuk mengatasi hal tersebut, adalah dengan membangun sebuah sistem manajemen budaya organisasi, atau disebut Corporate Culture Management, di mana tujuan terbentuknya Corporate Culture Management tersebut untuk memastikan bahwa budaya perusahaan yang diinternalisasikan tersebut menjadi budaya yang sehat diperusahaan.


Kata kunci: Budaya Perusahaan, Corporate Culture Management.

Tidak ada komentar: